Survei Perusahaan untuk Produksi dan Pengiriman WASHaLOT 3.0

Program FIT for School dari GIZ dirancang sederhana, berkelanjutan, dapat dikembangkan, dan sistematis sebagai upaya untuk menjadikan sekolah sebagai lingkungan belajar yang sehat, praktik kebersihan rutin menjadi kebiasaan jangka panjang. Program ini telah mendukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sejak 2011 untuk meningkatkan status WASH in Schools (WinS) di Indonesia.

Menanggapi COVID-19, GIZ mendukung upaya pemerintah membuka kembali sekolah yang aman, khususnya terkait kondisi kebersihan diri dan lingkungan. Tujuannya agar sekolah mematuhi standar layanan dasar SDG dan rekomendasi global untuk mencegah penularan COVID-19.

Salah satu target programnya adalah menyediakan seribu unit WASHaLOT 3.0 untuk sekolah negeri yang berada di Jakarta dan Jawa Barat. WASHaLOT 3.0 adalah fasilitas cuci tangan yang dirancang untuk dapat dipindah-pindah, hemat air, dan modular, dapat diproduksi secara massal dan mudah diangkut, dengan cepat digunakan di sekolah dan fasilitas umum lainnya. GIZ menugaskan TSB untuk mengidentifikasi perusahaan di wilayah Jabodetabek yang potensial untuk memproduksi massal unit WASHaLOT 3.0.

Karena jaringan TSB, TSB mengidentifikasi dan melakukan proses pra-lelang di antara 25 perusahaan. Prosesnya terdiri dari mengidentifikasi perusahaan potensial, verifikasi kemampuan maupun legalitas hukum mereka untuk melakukan penawaran, berbagi & menjelaskan desain teknis yang diperlukan dan menghubungi tiap perusahaan dan bertanya minat mereka untuk berpartisipasi dalam proses penawaran. TSB berhasil merekomendasikan sepuluh perusahaan terpilih yang memenuhi syarat untuk proses penawaran GIZ.