...

Layanan Kami

Manejemen Proyek

Semakin banyak organisasi dan perusahaan yang mengakui bahwa manajemen proyek sebagai salah satu kompetensi utama dalam menjalankan bisnis mereka. Level kinerja manajemen proyek mereka meningkat dan keuntungan bisnis yang signifikan tampak dalam organisasi-organisasi tersebut. Manajemen proyek dapat memberikan kontribusi terbesar terhadap strategi bisnis.

TSB menawarkan layanan manajemen proyek kepada organisasi atau perusahaan, termasuk untuk proyek-proyek Corporate Social Responsibility atau CSR, proyek-proyek Creating Shared Value atau CSV, proyek-proyek tanggap darurat atau bantuan kemanusiaan.

Untuk manajemen proyek, layanan team TSB meliputi:

  • Inisiasi proyek, melakukan asesmen atau survei serta mengidentifikasi tujuan & sasaran proyek,
  • Perencanaan proyek, merinci kegiatan proyek, penjadwalan dan perencanaan anggaran proyek serta penyiapan tim proyek
  • Eksekusi serta pelaksanaan proyek, pelaksanaan berbagai kegiatan proyek berdasarkan rencana
  • Monitoring & evaluasi proyek, kegiatan mengumpulkan dan menganalisis berbagai data, disajikan sebagai informasi untuk perbaikan atau revisi dan pengambilan keputusan
  • Pelaporan proyek, kegiatan mengambil dan mengumpulkan informasi penting dan relevan, copy-writing, merancang tata letak dokumen laporan.

Manajemen Pemangku Kepentingan

Mempertimbangkan kekhawatiran serta kepentingan para pemangku kepentingan (stakeholders) dapat meningkatkan dan meperkuat hubungan bisnis serta dapat mempermudah organisasi untuk beroperai. Hal ini dapat mengarahkan organisasi / perusahaan dalam penciptaan ide baik produk maupun layanan yang dibutuhkan oleh para pemangku kepentingan, sekaligus memungkinkan bagi organisasi / perusahaan untuk efisiensi biaya sekaligus meningkatkan nilai perusahaan.

Menyadari manfaat bagi perusahaan / organisasi, TSB dengan bangga menawarkan keahlian kami dalam melakukan pendekatan praktis dan pragmatis terhadap berbagai pemangku kepentingan untuk kebutuhan keberlanjutan; kami mampu menangkap berbagai pendapat atau opini-opini yang tidak memihak, yang sangat dibutuhkan oleh pihak perusahaan / organisasi.

Untuk manajemen pemangku kepentingan, layanan kami meliputi;

  • Perencanaan keterlibatan pemangku kepentingan, merancang dan menentukan tujuan serta maksud keterlibatan para pemangku kepentingan terhadap perusahaan / organisasi
  • Identifikasi pemangku kepentingan, sebagai langkah untuk mengkategorikan dan memprioritaskan pemangku kepentingan utama baik di internal dan eksternal perusahaan / organisasi
  • Identifikasi dan manajemen ekspektasi pemangku kepentingan, dengan melihat aspek tempat tinggal, lokasi, kondisi lingkungan, aturan dan norma, serta budaya kekerabatan,
  • Melibatkan pemangku kepentingan, menyelenggarakan kegiatan yang telah disepakati bersama, misalnya diskusi panel, lokakarya, komunikasi, monitoring dan evaluasi.

Studi Kelayakan, Monitoring dan Evaluation Proyek

Setiap organisasi atau perusahaan membutuhkan berbagai data dan informasi yang cukup serta berkualitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan serta tujuannya, termasuk; kebutuhan merancang proyek, pengambilan keputusan, manajemen pengetahuan.

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan penting tersebut, TSB menawarkan layanan yang meliputi:

  • Merencanakan dan melaksanakan asesmen / survey proyek, pemetaan sosial, studi kelayakan, baseline dan endline survei. Untuk proyek-proyek CSR, pemetaan dan penilaian sosial mengikuti kaidah dan standar PROPER serta ISO 26000.
  • Monitoring dan Evaluasi Proyek, kami membantu perusahaan / organisasi dalam mengembangkan desain, perncanaan serta menyiapkan instrument-instrumen untuk monitoring, sekaligus melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi.


Laporan Keberlanjutan

Laporan keberlanjutan memberikan berbagai manfaat besar bagi perusahaan / organisasi dalam menetapkan tujuan, mengukur kinerja, meningkatkan pemahaman terhadap berbagai risiko dan peluang. Laporan keberlanjutan dapat mengkomunikasi dan mengungkapkan dampak organisasi terhadap lingkungan, masyarakat, dan ekonomi. Sehingga organisasi /perusahaan semakin diminati oleh para pemangku kepentingan, khususnya; pelanggan, pemodal, pemegang saham, pemerintah dan masyarakat luas.

Melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik. Pemerintah Indonesia mengharapkan perusahaan / organisasi dapat prinsip strategi dan praktik bisnis berkelanjutan yaitu pembangunan nilai bagi sektor jasa keuangan untuk berkontribusi terhadap masyarakat melalui kebijakan dan praktik bisnis serta penerapan strategi bisnis oleh lembaga jasa keuangan (LJK), Emiten, dan Perusahaan Publik dengan meminimalkan dampak negatif dan mengintegrasikan aspek ekonomi, sosial, Lingkungan Hidup, dan tata kelola baik pada setiap sektor maupun strategi dari masing-masing lini bisnis

Laporan keberlanjutan TSB mengikuti standar Global Reporting Initiative (GRI) yang juga disarankan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kegiatan pembuatan laporan keberlanjutan meliputi; perencanaan, penyusunan, dan penulisan laporan. Layanan juga termasuk membuat tata letak dan penyajian data adan informasi yang dirancang khusus, analisis statistik, serta dilengkapi visualisasi bagan dan tabel.

Peningkatan Kapasitas dan Pelatihan

Karyawan dan staf dengan pengetahuan dan keahlian yang mumpuni merupakan aset bagi organisasi / perusahaan manapun. Sangat penting untuk memiliki karyawan dan staf berpengetahuan dan ahli di bidangnya, mereka akan lebih mudah beradaptasi, fleksibel, dan terbuka dalam menerima tantangan-tantangan baru. Sehingga perusahaan / organisasi selalu dalam kondisi yang siap dalam menghadapi berbagai tantangan dan kompetisi sekaligus menangkap peluang-peluang baru.

TSB sangat antusias dalam memberikan bantuan terhadap perusahaan / organisasi untuk agenda-agenda peningkatan kapasitas atau pelatihan bagi karyawan / staf, khususunya pada sektor teknis air, sanitasi dan hygiene, pengelolalan sampah serta manajemen proyek. Untuk staf atau karyawan proyek CSR / CSV, staf atau karyawan proyek pembangunan masyarakat, maupun team proyek tanggap darurat serta bantuan kemanusiaan.

Layanan kami meliputi;

  • Penilaian kapasitas staf dan penilaian kebutuhan peningkatan kapasitas atau pelatihan,
  • Merancang dan merencanakan program-program peningkatan kapasitas atau pelatihan,
  • Mengembangkan modul dan kurikulum pelatihan,
  • Memfasilitasi dan menyelenggarakan pelatihan,
  • TSB juga dapat membantu organisasi dalam mengevaluasi hasil dan dampak dari program pelatihan serta memberikan rekomendasi untuk kebutuhan perbaikan.