Bantuan teknis ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana bidang air, sanitasi dan kebersihan untuk response Pandemi Covid-19 , Mei-Juli 2020

Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) ditugaskan untuk membentuk struktur komando dan kendali tingkat nasional yang mengintegrasikan semua kementerian dan lembaga terkait untuk memastikan pedoman WHO untuk penanggulangan pandemi virus Corona (Covid-19) dengan tepat dan tepat waktu di seluruh Bangsa.

Program terkemuka yang didanai oleh USAID / OFDA, yaitu Invest-DM (Investing in Human capital for Disaster Management) dijalankan oleh Mercy Corp Indonesia. Program ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dengan mengembangkan dan meningkatkan kapasitas aparatur sipil negara agar mampu memenuhi amanahnya dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana (DRM) yang efektif dan menyelamatkan jiwa. Menanggapi pandemi Covid-19, Invest-DM mendukung BNPB diantaranya melalui penyediaan bimbingan teknis guna meningkatkan kapasitas Gugus Tugas dalam mitigasi dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Invest-DM menugaskan TSB untuk menyediakan bimbingan teknis WASH dan dukungan kepada BNPB dalam mencegah Covid-19. TSB menyelesaikan penilaian lapangan dan studi pustaka diikuti dengan analisis untuk mengidentifikasi peluang dan potensi tantangan dalam meningkatkan perubahan perilaku HWWS. Selanjutnya dokumen strategi HWWS dan protokol pemantauan kepatuhan telah dilengkapi.